PETA PIKIRAN (MIND MAP), MEMAKSIMALKAN DAN MENGEFEKTIFKAN KINERJA OTAK

Mind Map adalah suatu alat atau pendekatan untuk menolong kita mencatat lebih efektif dan juga membantu otak berfikir secara teratur, memasukkan informasi ke dalam otak dan mengambil informasi otak. Mind Map merupakan cara yang paling kretif dan efektif dalam membuat catatan.

Mind Map diciptakan oleh Tony Buzan, pakar memori dari Inggris yang didasari padahasil riset bahwa cara kerja otak mengolah dan menyimpan informasi tidaklah linier, setihap demi setahap, tetapi otak menyimpan dan memproses informasi secara acak. Dismping itu, otak menyimpan informasi dalambentuk gambar, dan bukan dalam bentuk tulisan ataupun huruf. Buzan mempelajari bahwa sebenarnnya manusia dilahirkan dengan jutaankali lebih canggih dari computer. Bermodalkan pengetahuan tersebut, dan terinspirasi oleh computer yang dilengkapi dengan menual pemakaian hingga ribuan lembar, pada tahun 1971 Buzan berfikir mengapa otak manusia jauh lebih hebat tidak disertai user manual sama seperti halnya dengan computer?. Maka dari itu, Buzan menciptakan metode Mind Map.

Prinsip Mind Map sederhana, cukup mengikuti kemana otak berfikir, apa yang terlintas, apa yangteringat, dan tulisan dalam bentuk coretan yang berkait-kaitanan. Konsep kerja Mind Map sama dengan cara otak bekerja. Saat otak menerima informasi, otak akan berusaha menghubungkannya dengan informasi lain yang sudah ada sebelumnya. Seperti hubungan ini akan menciptakan koneksi baru di dalam otak. Itu sebabnya kita lebih mudah mempelajari ilmu di bidang yang krab dengan kita, daripada bidang yang asing. Demikian juga dalam peta pikuran, anda dapat melihat antara satu id eke ide lainnya dengan tetap memahami konteksnya. Hal ini, sangat m,enudahkan otak untuk memahami dan menyerap suatu informasi.

Setiap kali anda melakukan Mind Map, adalah saat mengorganisasikan suatu subyek/obyek yang terpikirkan oleh anda sehingga anda dapat melakukan pembelajaran terhadap subyek/obyek tersebut lebih mendalam, mengintegrasi pengetahuan lama, pengetahuan baru yang kemudian anda persiapkan untuk merevisi dan menguji, serta mengganti ide-ide baru dalam struktur untuk diingat kembali saat anda perlukan.

Beberaapa manfaat mind map secara terperinci sebagai berikut:
1.mempercepat pembelajaran
2.melihat koneksi antar topic yang berbeda
3.memudahkan ide mengalir
4.melihat gambaran besar
5.memudahkan mengingat
6.menyederhanakan struktur
7.meningkatkan kretivitas.

Berikut Cara membuat Mind Map

gunakan kertas berukuran besar. mulai dari bagian tengah permukaan halaman yang diletakkan dalam posisi memanjang. Hal ini dapat memberi keleluasaan bagi cara kerja otak untuk memencar keluar segala arah, dan mengekspresikan diri lebih besar dan alami.

Gunakan sebuah gambar untuk gagasan utama anda. Karena gambar bernilai seribu kata dan membantu anda menggunakan imajinasi. Gambar yang letaknya ditengah-tengah akan tampak lebih menarik, membuat anda terfokus, membantu memusatkan fikiran, dan membuat otak semakin sibuk.

Gunakan warna pada seluruh mind map. Karena bagi otak, warna-warna tidak kalah menarinya dari gambar. Warna membuat mind map lebih cerah dan hidup, meningkatkan kekuatan dahsyat bagicarakerja kreatif, dan ini sangat menyenangkan.

Hubungkan cabang-cabang utama ke gambar centra dan hubungkan cabang-cabang tingkat dua dan ketiga pada tingkat pertama dan kedua. Karena otak menggunakan asosiasi, maka apabila anda menghubungkan cabang-cabangtersebut, anda akan jauh lebih mudah menggunakan dan mengingat.

Buatlah cabang-cabang mind map berbentuk melengkung (bukan lurus) biar tidak membosankan otak. Cabang yeng melengkung lebih menarik dan indah bagi mata dan otak.
Cabang utama harus lebih tebal dari cabang ke dua
Gunakan satu kata kunci per baris sebagai pokok pikiran agar lebih tercetus pikiran dan gagasan baru.

Gunakan gambar diseuruh mind map, karena sebuah gambar bernilai 1000 kata.
Tersedia aplikaei mind map di situs www.freemind.soucerforge.net

0 komentar:

Design by Blogger Templates